Mengapa Syiah menyayat kepalanya sendiri saat berduka?

Perhatian

Jika Anda mengcopy tulisan yang ada di Hauzah Maya, mohon cantumkan sumbernya atau link yang mengarahkan kembali ke situs ini.

Apa hukum orang-orang Syiah yang menyayat kepalanya dengan benda-benda tajam dalam memperingati hari Asyura?

Jawaban:

Sebelumnya telah dijelaskan, bahwa usaha Syiah dalam memperingati hari Asyura bertujuan untuk menghidupkan ajaran Ahlul Bait dan memajang tinggi kejahatan Bani Umayah dan Bani Abbas terhadap keluarga nabi. Itu termasuk dari dakwah kepada ajaran Ilahi. Namun tidak dipungkiri bahwa ada golongan-golongan tertentu yang berlebihan dalam menjalani ajaran mazhabnya yang mana itu dilarang dan diharamkan; tidak ada satu alim pun yang membenarkan mereka.

Kini giliran saya bertanya kepada si penanya yang jelasnya Wahabi ini: Tahun lalu ada seorang remaja dari Jordania membawa bom di dalam pakaiannya lalu memasuki sebuah acara pernikahan yang diadakan di Iraq lalu meledakkan dirinya. Seratus orang tewas dalam kejadian itu. Ketika kabar kematiannya sampai pada keluarga yang ada di Jordania, mereka semua di sana berduka menangisi kematian pemuda tersebut. Apakah anda sekalian membenarkan aksi terorisme yang menewaskan anak-anak kecil dan wanita-wanita tak berdosa itu