Mengapa saat Rasulullah saw masih hidup Imam Ali as tidak menjadi imam shalat?

Perhatian

Jika Anda mengcopy tulisan yang ada di Hauzah Maya, mohon cantumkan sumbernya atau link yang mengarahkan kembali ke situs ini.

Saat Rasulullah saw sakit, mengapa Ali bin Abi Thalib tidak pernah sekalipun menjadi Imam jama’ah masjid? Bukankah Imamah Sughra adalah dalil Imamah Kubra?

Jawaban:

Apakah masuk akal jika ada seseorang yang mendapatkan izin dari nabi untuk menjadi Imam jama’ah maka artinya ia juga menjadi pemimpin umat Islam dunia?

Abu Bakar menjadi Imam jama’ah, entah itu dengan izin nabi atau tidak, itu tidak bisa menjadi dalil kekhilafahannya.

Yang lebih aneh lagi jika anda katakana bahwa karena Ali bin Abi Thalib tidak memimpin shalat jama’ah saat nabi sedang sakit maka artinya ia bukan khalifah. Ali telah melakukan hal yang lebih besar dari itu dalam peristiwa Tabuk; karena saat itu Rasulullah saw telah menyerahkan segala urusan di Madinah kepadanya, yang mana salah satunya adalah menjadi Imam jama’ah, selama empat bulan berturut-turut. Beliau berkata kepadanya:

“Engkau di sisiku bagaikan Harun di sisi Musa.”

Banyak pula sahabat lain yang sering menjadi Imam jama’ah saat nabi Muhammad saw tidak ada. Misalnya Ibnu Ummi Maktum. Namun tidak ada satupun yang mengatakan bahwa itu adalah dalil kelayakannya menjadi seorang khalifah.

Lagi pula, tidak ada bukti bahwa Ali bin Abi Thalib tidak menjadi Imam jama’ah saat Rasulullah saw sakit.